Internet Lahir Terprovokasi Uni Soviet

Bookmark and Share


[imagetag]
Sebagian ahli mempercayai bahwa kemunculan internet di dunia ini dipicu oleh keberhasilan Uni Soviet (yang saat ini terpecah menjadi beberapa negara) dalam menjelajah angkasa. Pada tahun 1957 Uni Soviet berhasil meluncurkan pesawat luar angkasa bernama Sputnik.

Keberhasilan ini membuat Amerika sebagai pemimpin blok negara yang berlawanan dengan Uni Soviet khawatir. Saat itu, perang dingin Amerika dengan Uni Soviet sudah terjadi. Kedua kekuatan besar ini menggalang para sekutu untuk jadi pendukungnya.

Begitu Soviet berhasil menjajah angkasa, Amerika kemudian mengembangkan proyek penelitian di lungkungan militer. Untuk menyukseskan proyek ini pemerintah Amerika di tahun 1958 membentuk lembaga bernama Advance Research Projects Agency (ARPA). Proyek ini kemudian juga disebut Defence Advance Research Projects Agency (DARPA)

Program pertama yang dijalankan proyek penelitian ini adalah mencari cara untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain untuk bisa membentuk jaringan. Pada tahap awal, yakni pada tahun 1970, penelitian ini berhasil menghubungkan sepuluh komputer. Lewat hubungan ini, komputer yang satu dengan lainnya dalam jaringan pun menjadi bisa saling bertukar data. Penelitian yang dijalankan ARPA dan berhasil membangun jaringan komputer ini dinamai Advanced Research Project Agency Network atau ARPANET.

Temuan itulah yang kemudian menjadi cikal-bakal internet. Jaringan tersebut kemudian meluas hingga menjangkau beberapa daerah penting. Mulanya, jaringan komputer tersebut dibangun untuk keperluan militer. Kekuatan Uni Soviet yang saat itu unggul membuat Amerika khawatir bakal terjadinya peperangan besar. Dengan adanya jaringan komputer, masing-masing wilayah menjadi bisa bertukar informasi dengan cepat dan aman.

Secara umum, jaringan internet hasil kerja proyek ARPANET mulai dikenalkan kepada publik pada tahun 1972. Waktu itu, jaringan arpanet sudah menghubungkan tiga pusat data di Stanford Research Institute, Universitas California, dan Universitas Utah. Sebenarnya jaringan ketiga pusat data ini sudah terbangun sejak tahun 1969. Jaringan ini tersambung dengan memanfaatkan saluran telepon.

Sejak diperkenalkan kepada publik militer Amerika membagi jaringan komputer tersebut menjadi dua bagian. Satu bagian diperuntukkan bagi masyarakat sipil, dan satu bagian lainnya dipakai untuk kepentingan militer. Namun akhirnya keduanya bergabung kembali dan disebut internet.

 
http://www.asalmulane.com/2011/11/internet-lahir-terprovokasi-uni-soviet.html
[imagetag]


[imagetag]

noreply@blogger.com (Anak Muda) 30 Jan, 2012

Sparks 30 Jan, 2012


-
Source: http://unik-asik-aneh.blogspot.com/2012/01/internet-lahir-terprovokasi-uni-soviet.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar