6 Cara Terbebas dari Hutang

Bookmark and Share



[imagetag]


Jika kondisi keuangan Anda tidak sehat karena terlalu banyak berutang, maka obatnya hanyalah berhemat dalam menjalankan hidup.

Dengan mengubah gaya hidup Anda dan menganggap bahwa setiap satu rupiah itu berharga sekali, dijamin bisa menyelamatkan hidup Anda secara perlahan-lahan. Seperti dikutip dari Financial Highway, Jumat (19/1/2012), enam tips di bawah ini bisa membantu anda mengubah gaya hidup dan mulai berhemat hingga terbebas dari utang.
[imagetag]

1. Pisahkan antara 'kebutuhan' dan 'keinginan' Anda harus mampu memisahkan antara kebutuhan dan keigninan.

Pasti anda punya banyak barang-barang di rumah yang dibeli hanya karena ingin, karena sebetulnya tidak benar-benar butuh. Sebelum membeli sesuatu, pelajari dengan seksama produk tersebut. Jika anda pikir kebutuhannya mendesak, barulah anda keluarkan rupiah. Jika ternyata hanya ingin beli, anda bisa menunggu sampai terbebas dari utang terlebih dahulu.

2. Ubah kebiasaan belanja Manusia mudah tergoda untuk membeli sesuatu.

Kebiasaan buruk ini biasanya lebih banyak diderita oleh wanita, karena wanita lebih sering berbelanja barang yang tidak sesuai dengan rencana awal. Anda bisa menghindari kejadian seperti ini dengan mencatat barang yang anda butuhkan dan jangan tergoda untuk keluar melanggar catatan tersebut.

3. Berhati-hati dalam belanja bulanan Semakin minim waktu yang anda habiskan di supermarket semakin baik, karena barang belanjaan pun semakin minim.

Jangan pernah membawa anak kecil saat belanja bulanan, karena selain anak kecil suka minta barang yang aneh-aneh, waktu yang anda habiskan di supermarket juga jadi lebih lama. Ambil barang-barang yang anda butuhkan dengan cepat, tapi jangan lupa cek masa kadaluarsanya sekali lagi. Dengan sering berbelanja di tempat yang sama biasanya ada bagusnya, karena anda bisa mendapatkan potongan harga atau bonus.
[imagetag]
4. Selalu bayar tagihan tepat waktu Selalu bayar semua tagihan, termasuk utang tepat waktu.

Karena selain menunda-nunda itu tidak baik, anda juga akan terkena tambahan bunga jika telat membayar. Jika memungkinkan, minta bank anda secara otomatis membayar tagihan melalui rekening. Berhematlah dalam pemakaian energi, seperti listrik, BBM dan gas supaya tagihannya tidak terlalu besar. Ketika ingin menarik uang dari ATM, cari mesin yang tidak memotong biaya transaksi.
[imagetag]
5. Hentikan kebiasaan bayar minimal batas utang Kebanyakan bank mematok pembayaran utang minimum per bulan berkisar antara 2-5% dari total.

Jangan termakan umpan yang diberikan bank tersebut, karena dengan cara itu anda akan terjebak membayar utang dalam jangka waktu yang cukup panjang. Semakin lama anda berutang kepada bank, semakin banyak uang yang harus anda keluarkan. Jangan biarkan kebiasaan ini menguasai anda. Bayarlah utang semampu mungkin tanpa harus membebani pengeluaran bulanan lainnya.
6. Potong anggaran hiburan Jangan sering nongkrong dengan teman yang kerjaannya hanya berhura-hura setiap malam.

Anda harus ingat, bersenang-senang itu tidak gratis. Hindari membeli sarapan dan kopi di kantin untuk sarapan jika memang anda bisa menyiapkannya di rumah sebelum berangkat.

Lebih jauh lagi, jika anda penggemar film, anda bisa menontonnya di hari-hari kerja saat malam hari, yang biasanya lebih murah ketimbang di akhir pekan. Hidup bebas dari utang itu hanya masalah mengubah gaya hidup. Semakin cepat anda mengikuti beberapa tips di atas, semakin cepat anda bisa terbebas dari utang.

 
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12801552
[imagetag]


[imagetag]

noreply@blogger.com (Anak Muda) 31 Jan, 2012

Sparks 31 Jan, 2012


-
Source: http://unik-asik-aneh.blogspot.com/2012/01/6-cara-terbebas-dari-hutang.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar