Ts'ai Lun - Pembuat Kertas Pertama

Bookmark and Share
[imagetag]

Tidak bisa dipungkiri bahwa sampai sekarang kertas sangat diperlukan di semua bidang. Bisa dibayangkan jika kertas tidak pernah ditemukan sebelumnya. Jadi bisa dinyatakan bahwa kertas memiliki peran penting dalan kehidupan, apalagi di bidang informasi dan media cetak.Betul bukan?
[imagetag]
Spoiler for Biografi:
Ts'ai Lun adalah seorang pegewai pada pengadilan kerajaan yang di tahun 105 M memepersembahkan contoh kertas kepada kaisar Ho Ti. Catatan China tentang penemuan Ts'ai Lun terdapat dalam penulisan sejarah resmi Dinasti Han.

Orang-orang China senantiasa menghubungkan nama Ts'ai Lun dengan penemu kertas sehingga nemanya tersohor di seluruh China. Tidak banyak yang dapat diketahui perihal kehidupan Ts'ai Lun, kecuai ada yang menyebut bahwa dia orang kebirian. Diceritakan kaisar teramat girang dengan penemuan Ts'ai Lun. Hal ini menjadikannya naik pangkat, medapat gelar kebangsawanan, dan dengan sendirinya menjadi cukong. Belakangan, dia terlibat dalam komplotan anti-istana yang menyeret kejatuhannya.

Ada catatn China yang menyebutkan kematian Ts'ai Lun. Ketika itu Ts'ai Lun mandi bersih-bersih, mengenakan gaunnya yang terindah, lantas meneguk racun. Penggunaan kertas meluas di seluruh China pada abad ke-2 dan dalam beberapa abad saja China sudah sanggup mengekspor kertas ke Negara-negara Asia. Lama sekali China merahasiakan pembuatan kertas ini.

Di tahun 751, beberapa ahli pembuat kertas tertawan oleh orang-orang Arab sehingga dalam tempo singkat kertas sudah diproduksi di Bhagdad dan Samarkand. Teknik pembuatan kertas menyebar ke seluruh duni Arab dan baru di abad ke-12 orang-orang Eropa belajar teknik ini. Pemakain kertas pun mulai berkembang luas.

Setelah Gutenberg menemukan mesin cetak modern, kertas menggatikan kedudukan kulit kambing sebagai sarana tulis menulis di Barat. Kini kulit kambing sebagai sarana tulis-menulis di Barat. Kini penggunaan kertas begitu umumnya sehingga tka seorang pun sanggup membayangkan dunia tanpa kertas.

Di China, sebelum penemu Ts'ai Lun umumnya buku dibuat dari bamboo. Tentu saja buku macam itu terlampau berat. Memang ada juga buku yang dibuat dari sutra, tetapi harganya sangat mahal. Sementara di Barat, sebelum ada kertas, buku ditulis diatas kulit kambing atau lembu. Material ini sebagai pengganti papirus yang digemari orang-orang Yunani, Romawi, dan Mesir. Baik kulit maupun papirus tidak saja termasuk barang langka, tetapi juga harganya mahal.

[imagetag]

Spoiler for Pembuatan Kertas:
Kertas pertama dibuat sekitar 2000 tahun yang lalu di Cina, oleh seorang yang bernama Ts'ai Lun. Dia mengambil serat-serat pohon Mulberry dan menumbukkannya dalam air sampai menjadi massa benang rata. Dia kemudian meletakkan bubur ini ke dalam sebuah nampan rata yang terbuat dari anyaman bambu halus.
Air dibiarkan mengalir melalui bambu, dan benang dalam bambu dibiarkan mengering. Hasilnya yang sudah kering berupa bahan berserat rata yang dianggap sebagai kertas pertama. Sebagaimana dengan semua penemuan baru, perbaikan-perbaikan secara bertahap dilakukan. Salah satu untuk mencapai ini ialah menyapukan tepung di atas kertas tersebut.
Rahasia pembuatan kertas segera menjadi pengetahuan yang menyebar ke seluruh dunia setelah para pedagang Cina bepergian ke Rusia dan Timur Tengah. Dari sana, seni pembuatan kertas menyebar ke Eropa.
Sebagai penemuan revolusioner, pembuatan kertas mulai diproduksi secara massal. mesin pembuat kertas-sambung pertama dikembangkan di Prancis pada 1798 oleh Louis Robert. Dipermulaan abad berikutnya Fourdrinier bersaudar di London mengembangkan ide itu lebih lanjut.


SUMBER1

SUMBER2

aditwahyu 03 Feb, 2012

Sparks 03 Feb, 2012


-
Source: http://info-unikz.blogspot.com/2012/02/tsai-lun-pembuat-kertas-pertama.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar